Logo Cahaya Agro
Rahmadhan yang Penuh Rahmad

Rahmadhan yang Penuh Rahmad

Ramadan dimulai pada bulan kesembilan dalam kalender Islam. Penentuan awal bulan Ramadan tergantung pada pengamatan hilal. Tahun 2024 ini, berdasarkan MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) hari pertama ramadan jatuh pada tanggal 11 Maret.

Puasa adalah salah satu Rukun Islam, bersama dengan pengakuan iman, shalat, sedekah, dan haji. Muslim melihat berbagai makna dan pelajaran dalam menjalankan puasa. Hal ini dianggap sebagai tindakan ibadah untuk mencapai kesalehan taqwa dan ketaatan kepada Allah. Orang-orang yang taat akan melihat manfaat puasa, termasuk berlatih menahan diri, membudayakan rasa syukur, dan mendekatkan diri kepada Allah. Puasa di bulan Ramadan umat muslim diwajibkan untuk menahan diri dari semua makanan dan minuman, bahkan seteguk air pun tak diperbolehkan dari fajar hingga terbenamnya matahari.

Sebelum berpuasa, seorang muslim makan sahur. Makan sahur dilakukan sebelum fajar, untuk menghidrasi dan memberi nutrisi pada tubuh sebelum puasa berlangsung. Apakah ada pengecualian dari puasa? Tentu ada. Ada beberapa pengecualian dari puasa, seperti bagi mereka yang tidak dapat melakukannya karena sakit atau bepergian jauh. Mereka yang tidak dapat berpuasa karena sedang sakit sementara atau bepergian harus mengganti hari-hari puasa yang terlewatkan tersebut.

Mereka yang berpuasa diharapkan juga menahan diri dari perbuatan buruk, seperti bergunjing, dan meningkatkan perbuatan baik. Orang muslim biasanya berbondong-bondong ke masjid untuk melakukan shalat berjamaah dan meluangkan lebih banyak waktu untuk kontemplasi keagamaan, seperti membaca Al-Quran, kitab suci umat Muslim.

Dengan ini, PT Cahaya Agro Teknik mengucapkan, Selamat menunaikan ibadah puasa kepada semua umat Muslim yang menjalankannya. Semoga bulan Ramadan ini membawa kedamaian, kebahagiaan, dan berkah bagi kita semua.